15 Feb 2019

Doa Bepergian (2)


Rasulullah SAW apabila telah duduk mantap di atas untanya untuk mengadakan perjalanan, maka beliau bertakbir tiga kali. Setelah itu beliau membaca:


سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَاذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّآ إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَاهَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ العَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْذَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآ بَةِ المُنْقَلَبِ، وَسُوءِ المَنْظَرِ فِي الأَهْلِ وَالمَالِ

Subhaanal ladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamungngqolibuun. Allohumma innaa nas aluka fii safarinaa hadzaal birro wat taqwaa, waminal ‘amali maa tardho, allohumma hawwin ‘alaina safaronaa hadzaa, wathwi ‘annaa bu’dah, allohumma angngtash shoohibu fiis safar, wal kholiifatu fiil ahli, allohumma innii a’uudzu bika miw wa’tsa is safari wakaa batil mungngqolab, wasuu il mangngdhori fii ahli wa maali.

Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebajikan dan takwa dalam perjalanan kami ini, serta amal yang Engkau ridhoi. Ya Alloh, ringankanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jauhnya. Ya Alloh, Engkaulah pendamping dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari beratnya perjalanan, kesedihan pada waktu kepulangan, dan dari melihat hal buruk pada keluarga dan harta benda’.

Apabila beliau telah kembali, maka beliau membaca doa yang sama dengan menambahkan:

آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّناَ حَامِدُونَ
Aa yibuuna taa ibuuna ‘aabiduuna lirobbinaa haamiduun

Kami adalah orang-orang yang kembali, bertaubat, beribadah kepada Tuhan kami, dan memuji-Nya’. [Sanad hadits ini shahih. Lihat Shahih Muslim (1342)].

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar