16 Feb 2011

Persiapan Kandang Beternak Kenari

Tekad  mengembangbiakan burung kenari sejak lama sudah tertanam dalam hati. Kendala tempat beternak, termasuk keindahan dan kenyamannya selalu jadi pertimbangan  sehingga menahan gerak langkah untuk merealisasikan. Ditambah pula dengan hantu takut dipindah tugas ke kota lain, maklum PNS harus siap untuk dipindah-pindah. Semuanya jadi tertahankan.

Selama ini dalam mengembangkan kenari, saya  terbatas untuk beberapa jodoh saja.  Rasanya gimana gitu, jika tidak ada kegiatan ini. Mungkin karena hobi, ada kepuasan batin memperhatikan sepasang kenari  dalam berkembang biak, dimulai dari menyiapkan sarang, bertelur, mengeram sampai 14 hari, telornya netas, diasuh oleh induk  sampai anak-anaknya disapih.  Ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita.


Beternak burung kenari ini, selalu bergelora.
Seorang teman, peternak kenari  yang baru saja pensiun kira-kira enam  bulan, tiba-tiba bertekad untuk kembali beternak. Mendengar dia akan membuat kandang jodoan, dengan spontan saya juga minta dibuatkan sekalian, tanpa mempertimbangkan kandang jodoan itu mau disimpan di mana, dan ga tanggung-tanggung saya minta dibuatkan  dua set, dengan masing=masing satu setnya 8 tempat jodoan. Jadi saya dibuatkan kandang jodoan untuk 16 pasang induk.

Karena kandang tersebut tidak akan saya pergunakan dengan tergesa-gesa, maka saya agak cuek saja, jarang menanyakan sudah gmana proses pembuatan kandang jodoan tersebut. Saya baru tersadarkan ketika sang teman telah menyelesaikan pesanan saya…. Dan akan mengirimkan ke tempat saya …

Akhirnya … datang juga kandang jodoan yang saya pesan.
Sekarang saya sedang mengatur tempat menyimpan  kandang jodoan itu supaya kenari nyaman beranak-pinak.   Karena di tempat saya relative panas dibanding Bandung,  maka saya berusaha menempatkan kandang jodoan itu di tempat dimana udaranya mendekati kota Bandung yang sudah teruji cocok untuk berkembangbiak burung kenari.







Artikel Terkait



2 komentar:

  1. om..kalo bikin kandang kandang kayak gitu..biayanya berapaan yah.thx

    BalasHapus
  2. ukuran berapa itu om ?

    BalasHapus