8 Mar 2011

Aduuh ... Kenariku Bersarang di Tempat Pakan yang Sempit

Saya cukup cemas, untuk bersarang yang ketiga kalinya, kenari ini tidak mau bersarang di tempat yang sudah disediakan. Dia lebih memilih masuk ke tempat makan, kemudian seperti mau bertelor. Saya coba di tempat pakan tadi saya ganti dengan tempat sarang. Masih gak mau, dia seperti  adem- adem saja tidak ada masalah. Begitu saya coba lagi dengan tempat pakan yang diisi dengan bahan sarang, dia masuk lagi dan merapihkan sarang tersebut. Akhirnya saya mengalah ... dibiarkan saja.


Lewat tiga hari, ternyata kenari kesayangan ini bertelor di tempat pakan.  Terpikir untuk mengganti dengan tempat sarang yang beberapa hari yang lalu dipersiapkan. Tapi terpikir lagi takut dia gak mau bersarang dan jadi tambah berabe. Saya akhirnya memutuskan untuk membiarkannya. Saya perhatikan dia bertelor sampai 7 (tujuh) butir, sangat banyak. Selama ini saya mempunyai kenari dalam bertelor paling banyak 4, tidak sebanyak ini.

Dan sekarang telor-telor itu sudah menetas. Sampai hari ini sudah menetas 5 ekor, tapi satu ekor mati keiinjak induknya atau mati karena terlalu sempit tempatnya. Satu butir telur jatuh dan pecah, dan satu lagi belum menetas atau mungkin tidak akan menetas.

Saya perhatikan tempat pakan ini terlalu sempit dan kelihatan sangat basah dan bau gak sedap. Saya memberanikan diri sore kemarin mengganti tempat pakan yang sempit ini dengan tempat pakan yang lebih besar dengan harap-harap cemas. Saya khawatir induk kenari ini tidak mau mengasuh anaknya yang baru menetas.  Saya berpikir, jika induk ini tidak mau kembali ke sarang yang sudah diganti seperti waktu dia mau bertelor, saya harus segera menggantinya lagi dengan tempat pakan semula. Hanya mengganti bahan sarang dengan yang  kering.

Ternyata... induk kenari  ini merasa tidak ada masalah. Dia mau nerima sarang yang lebih luas, sesuai dengan keinginan saya. Saya perhatikan dia mau masuk ke sarang baru dan menghangati anak-anaknya yang baru menetas. Mudah-mudahan dia benar-benar mau menerima sarang baru dan membesarkan anak-anaknya.




















Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar