16 Jan 2011

Burung Megap-megap

penyakit gangguan pernapasan sering menyerang burung kenari, baik jantan maupun betina. penyebab penyakit ini adalah infeksi sekunder pada saluran pernapasan oleh bakteri E.coli dan virus sejenis mycoplasma gallisepticcum yg lebih dikenal degan nama CRD (Chronic Respiartori Desease). jika sudah kronis penyakit ini sukar disembuhkandan bisa menyebabkan kematian pada burung. penyakit ini biasanya disebabkan oleh kotoran dan kurang kebersihan pada kandang dan linkungan sekitar. tapi penyakit ini juga dapat disebabkan oleh penularan / terinfeksi oleh burung lain.
Gejala-gejala burung terinfeksi penyakit ini adalah malam hari burung sering bersin2, pada cuaca dingin burung nafasnya terdengar bgork, hidung lembab/ basah dan aktifaitas gerak burung juga berkurang.
tindakan yang harus dilakukan bila burung dalam keadaan eperti ini adalah:
1. isolasi burung dari burung yg lain. agar tidak menular ke burung yg lain.
2. kontrol temat minumdan tempat pakan burung dan bersihkan kotoran2 yg berada di tempat tersebut dan kandang
3. sayur dan buah dan minuman yg diberikan wajib dibersihkan / di cuci dulu untuk membersihkan kemungkinan adanya residu pestisida dari pertanian.
4. minuman yg kotor segera diganti yg baru dan usahakan burung diberi air matang. agar bakteri2 y mungkin terkandung dalam air tersebut mati dan tidak berkembang.
5. berikan obat nafas dan berikan juga antibiotik untuk burung.
obat yg diproyeksikan misal : Bogena nafas, obat nafas dokter Edy, Super N,
dan sulfamix. pada waktu burung diberi obat jangan jemur burung karena kalo fisik burung tidak kuat bisa menyebabkan kematian.
6. usahakan burung dalam keadaan hangat terus. (beri lampu 5 watt pada sangkar burung)
7.setelah burung sudah keliatan sehat mulai dengan penjemuran burung agar burung bisa mengembalikan kebugaran dan kesehatan burung dengan vitamin E&D yg terdapat pada sinar matahari.
semoga tips ini bermanfaat..i

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar