3 Agt 2012

Pembawa Dosa “100 KB”


Apa makna dari 100 Kb
Dalam era informasi yang canggih sekarang ini, bentuk-bentuk ghibah dapat dilakukan dengan model yang lebih baru. Tulisan, sms, email, ataupun jejaring social seperti FB, Tweeter, YM, dsb yang semakin kini semakin banyak operator yang berusaha membuat media “obrolan”yang memudahkan. 



Karakter adalah tulisan yang terdiri dari huruf, angka, tanda baca, dan notasi-notasi lainnya yang kita tulis pada media yang digunakan untuk menuliskan karakter tersebut ( media komputer ). Dalam penulisan karakter pada medianya, karakter bukan hanya terpusat pada komputer yang kita gunakan. Melainkan saja seandainya kita memiliki HP ( HandPhone ) dan ingin menulis SMS ( Short Message Service )
Dalam komputer, karakter ini bisa dihitung berdasarkan kapasitasnya dalam komputer. 
Yaitu 1 Karakter = 1 Byte, jadi misalkan kita memiliki media penyimpan data yang berukuran 100 Byte maka dipastikan media tersebut mampu menyimpan 100 karakter dalam penyimpanannya atau bahkan kurang kapasitasnya.
Di internet ataupu HP tulisan atau karakter yang berupa elektronik sangatlah ringan. Sebuah email atau sms atau chatting biasanya tidak lebih dari 100KB. Sangat kecil sekali karena sengaja dibuat untuk percakapan cepat dibanding sebuah flash disk yang mampu menyimpan 4GB data bahkan lebih.
Coba mari kita fikirkan seandainya tulisan kita ternyata adalah ghibah ? sudah tersebar ke mana-mana, yang akhirnya kita tidak mampu menghapus tulisan itu sendiri. Ditambah kalau tulisan kita sudah masuk ke lingkaran milis-milis. Tulisan itu akan tetap tersimpan rapi di dunia internet, tanpa kita dapat menghapuskannya. Sudah berapa dosa yang telah kita perbuat dengan Ghibah yang kita lakukan ?
Ghibah, adalah menyebutkan hal-hal yang tidak disukai orang lain, baik berkaitan kondisi badan, agama, dunia, jiwa, perawakan, akhlak, harta, istri, pembantu, gaya ekspresi rasa
senang, rasa duka dan sebainya, baik dengan kata-kata yang gamblang, isyarat maupun kode.


“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang .” (QS Al-Hujurat:12)
Demikianlah Allah mengumpamakan antara menggunjing (ghibah) dengan orang yang memakan daging bangkai saudaranya sendiri.

Itulah bahayanya email dan dunia internet. Bisa jadi anda shalat, zakat, puasa di waktu bangun, akan tetapi sebenarnya di waktu tidur pun anda melakukan dosa besar dengan bentuk ghibah karena yang anda sebarkan. Bagaimana cara menghapus ini semua ? Jelas tidak mungkin. Email dan tulisan anda akan tersimpan di setiap harddisk orang yang menerima email anda. Atau tersimpan di server bang Yahoo dan paman Google. Sampai kapan ? Mungkin sampai hari kiamat !!

Kalau anda tidak dapat menghapusnya, dengan apa anda akan masuk surga kelak ?
Maukah anda melakukan dosa sepanjang tahun ? Tidak bukan ? Berhati-hatilah dengan 100KB!!

Jadi Bijaksanalah menggunakan kata atupun kalimat, usahakan yang baik-baik saja….

Wallahualambishawab

Oleh: Nanan Aloez

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. Trims ...Hatur nuhun pa haji .. ulah hilap sampaikan di kultum... hihihi.. karunya gambarna canri nuju ngagosip... padahal canary mah nga haleuang ungkul... he he

    BalasHapus